Minggu, 24 Februari 2008

SMA 1 Slawi dan SMP 1 Magelang Juara Kompetensi Kelas Imersi

SEMARANG - Peserta asal SMA 1 Slawi dan SMP 1 Magelang memenangi lomba kompetensi kelas imersi yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P & K) Jawa Tengah, 22-23 November lalu. Mereka mengungguli para peserta lain yang merupakan utusan sekolah program rintisan kelas imersi se-Provinsi.

Pada jenjang SMA, SMA 1 Slawi mengungguli SMA 1 Pati, SMA 4 Surakarta, SMA 1 Magelang, SMA 2 Purwokerto, dan SMA 1 Cilacap. Sementara itu, SMA 1 Magelang mengungguli SMP 2 Klaten, SMP 5 Semarang, SMP 2 Rembang, SMP 2 Purwokerto, dan SMP 3 Pati.

Wakil Kepala Dinas P & K Gatot Bambang Hastowo mengungkapkan kegembiraannya melihat prestasi para siswa yang mengikuti lomba kompetensi itu. Para siswa, ujar dia, tidak saja fasih berbahasa Inggris tetapi juga menunjukkan prestasi bagus dalam berbagai mata pelajaran.

"Yang menarik, prestasi tidak didominasi utusan dari sekolah-sekolah di Semarang. Banyaknya pemenang dari luar Kota ATLAS menunjukkan kualitas pendidikan di Jateng kian merata," tuturnya.

Hardjono SPd, guru SMA 4 Surakarta, menyatakan prestasi siswa memang berani diadu dengan kelas nonimersi yang pembelajarannya menggunakan bahasa Indonesia. Rata-rata siswa berprestasi di sekolahnya datang dari kelas imersi. "Selain input-nya sudah bagus, siswa kelas imersi memiliki motivasi tinggi untuk berprestasi."

Tolok Ukur

Jasman Indradno dari Subdin Renbang Dinas P & K Jateng yang menangani proyek ini mengemukakan, lomba itu merupakan salah satu alat untuk mengukur keberhasilan kelas imersi. Kemampuan para peserta lomba menggunakan bahasa Inggris merupakan tolok ukur pencapaian itu.

"Lebih spesifik, lomba itu bertujuan mengetahui kemampuan berbahasa Inggris siswa, khususnya menyangkut materi listening, speaking, reading, dan writing," papar Jasman.

Selain itu, lomba juga untuk mengukur kemampuan penguasaan materi pelajaran dalam bahasa Inggris serta mengembangkan pengetahuan, wawasan, dan sikap belajar dalam kelas imersi yang dinamis dan kompetitif.

Sumber : Suara Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar